Semoga Suatu Saat Dapat Berkunjung ke Mekah




Dapat berkunjung ke kota Mekah merupakan dambaan setiap Muslim. Begitu pun dengan saya, rasanya ingin suatu saat nanti bisa datang ke kota Mekah. Bagi umat Muslim, kota Mekah merupakan tanah suci, di mana ibadah haji maupun umroh dilaksanakan. Ada beberapa tempat di kota Mekah yang akan dikunjungi pada saat umat Muslim menjalani ibadah haji maupun umroh.

1.      Padang Arafah

Padang Arafah merupakan padang luas tempat puncak ibadah haji dilaksanakan. Pada tanggal 9 Dzulhijah, seluruh jamaah haji berkumpul  di padang Arafah untuk melaksanakan wukuf sejak terbit hingga terbenamnya matahari. Di sisi padang Arafah ini terdapat Jabal Rahmah yang merupakan tempat pertemuan Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah mereka ditunkan ke bumi oleh Allah SWT. Tempat pertemuan ini diabadikan dengan dibangunnya sebuah tugu.

2.      Masjidil Haram

Masjidil Haram merupakan masjid agung kota Mekah dan masjid terbesar di dunia. Di sinilah letak Ka’bah yang digunakan sebagai kiblat salat bagi umat Muslim seantero dunia. Selain itu, Masjidil Haram juga merupakan tempat salah satu pelaksanaan rukun haji, yaitu tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

3.      Sumur Air Zamzam

Air zamzam memang diyakini mempunyai banyak manfaat dan keberkahan. Menurut sejarah, sumber mata air zamzam ini diketemukan oleh Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim yang pada saat itu sedang mencari air untuk memberi minum kepada anaknya -Nabi Ismail-. Seiring dengan perkembangan dunia, sumber mata air zamzam ini telah direnovasi menjadi sumur dengan kedalaman kurang lebih 42 meter. Air zamzam sendiri bukan hanya diminum, tetapi juga digunakan untuk berwudhu oleh para jamaah haji.

4.      Shafa dan Marwah

Shafa dan Marwah adalah dua bukit yang berada di antara Ka’bah. Kedua bukit ini juga merupakan lokasi pelaksanaan salah satu rukun haji, yaitu sa’i. Dulunya, sa’i ini dilakukan oleh Siti Hajar mencari air untuk Nabi Ismail ketika masih kecil. Siti Hajar berlari-lari kecil sebanyak 7 kali dan menemukan sumber mata air zamzam yang airnya tidak pernah habis sampai sekarang.

5.      Jabal Nur

Jabal Nur memiliki nilai sejarah tersendiri bagi umat Muslim. Di Jabal Nur inilah terdapar gua Hira, gua tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali. Gua yang hanya cukup untuk melakukan salat satu orang ini berada di ketinggian 40 meter pada Jabal Nur. Para pengunjung yang datang, berharap dapat melakukan salat di gua tersebut seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Itulah beberapa tempat di Mekah yang selalu dikunjungi para jamaah haji dan umroh baik untuk melaksanakan rukun haji dan umroh maupun melihat nilai sejarahnya. Semoga suatu saat kelak, saya pun dapat berkunjung ke Mekah.

1 Komentar untuk "Semoga Suatu Saat Dapat Berkunjung ke Mekah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel