Kegiatan Rumah Parenting Menyambut Pekan ASI Internasional

Dalam rangka menyambut pekan ASI internasional dan menggalakkan pemberian ASI sebagai bekal tumbuh kembang anak di kemudian hari, divisi Kuntum Healing dari Rumah Parenting mengadakan talk show seputar ASI dan menyusui pada hari Senin, 5 Agustus 2019 yang lalu. Acara ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi dibawakan oleh dr. Irma Suryani, seorang dokter dan konselor laktasi, sedangkan sesi siang dibawakan oleh Ibu Rani Warsito, seorang konsultan dan penulis parenting.

Talk show sesi pagi mengambil tema Peran ASI dalam Mendukung Masa Emas Anak. Dalam sesi pagi ini, disampaikan mengenai masa emas anak menurut WHO dan Unicef, Inisiasi Menyusui Dini (IMD), pemberian ASI eksklusif, dan hal lainnya seputar ASI dan menyusui. Kalau dulu, masa emas anak berada di usia 0 sampai 3 tahun. Saat ini, masa emas seorang anak sudah bergeser menjadi 0 sampai 2 tahun menurut WHO dan Unicef. Karena itulah, sangat penting bagi bayi baru lahir untuk mendapatkan ASI dari ibunya.

                                                                     

Proses pemberian ASI ini diawali dengan proses Inisiasi Menyusui Dini (IMD), yaitu bayi yang baru saja dilahirkan langsung ditempelkan ke dada ibunya untuk mendapatkan hawa hangat dari ibu dan mencari puting ibu untuk menyusui selanjutnya. Menurut dr. Irma Suryani, jika ASI belum keluar pada saat itu bukanlah suatu masalah karena memang proses keluarnya ASI juga dipengaruhi oleh rangsangan dari sedotan bayi.  ASI diperkirakan keluar antara 1 sampai 3 hari setelah melahirkan. Dengan melakukan IMD ini, bayi akan mendapatkan kolostrum, cairan ASI yang keluar pertama kali.


Selanjutnya, ASI diberikan kepada anak sampai usia 2 tahun. Namun, jika tidak dapat menyusui sampai usia anak 2 tahun, berikanlah ASI eksklusif selama 6 bulan. Yang dimaksud dengan pemberian ASI eksklusif adalah hanya memberikan ASI tanpa tambahan asupan apapun sejak bayi dilahirkan sampai usia 6 bulan karena organ pencernaannya belum berkembang sempurna. Jika bayi diberikan asupan selain ASI, dikhawatirkan akan mengganggu pencernaannya. Penggunaan susu formula juga tidak dianjurkan karena dalam kondisi tertentu dapat menimbulkan alergi.


Itulah diantaranya yang dibahas pada sesi pagi yang mendapatkan tanggapan baik dari para peserta. Banyak pertanyaan yang dilontarkan. Beberapa peserta yang masih mempunyai bayi dan anak BATiTA juga membawa serta bayi dan anaknya. Mereka menyimak materi sambil menyusui di pojok laktasi. Antusiasme dari seluruh peserta membuat sesi pagi ini membuat adanya perpanjangan waktu untuk sesi pagi ke siang.  Di sini terlihat, para peserta sangat peduli dengan pemberian ASI kepada bayinya. Tentunya, semua ibu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, termasuk pemberian ASI yang maksimal.

                                                                  

Dengan pertimbangan waktu yang tidak memadai karena adanya perpanjangan waktu dari sesi pagi, akhirnya diputuskan untuk sesi siang tidak diadakan secara offline, tetapi diadakan secara online melalui WAG Rumah Parenting. Talk show sesi siang ini mengambil tema Grandparenting pada Era Milenia, berhubungan dengan sikap kakek dan nenek yang dapat membantu berhasilnya proses menyusui. Materi yang tidak kalah baiknya dengan materi pada sesi pagi.




Seperti disampaikan di awal, bahwa acara talk show menyambut pekan ASI internasional ini merupakan kegiatan dari divisi Kuntum Healing Rumah Parenting. Pusat konsultasi seputar tumbuh kembang anak dan psikologi keluarga ini mempunyai beberapa divisi, yaitu:

1. SEKAR = Sekolah Orangtua dan Pendidik
    Divisi yang memfasilitasi pendidikan, pembinaan dan konseling bagi orangtua, keluarga, dan guru.

2. Kuntum Healing
    Divisi pelayanan dan perbaikan tumbuh kembang dan kesehatan anak, remaja serta orangtua.

3. Kuntum Growing
  Pusat stimulasi tumbuh kembang anak untuk usia 4 sampai 12 tahun dan berkebutuhan khusus dengan  menggunakan kurikulum khusus dan mengadopsi dari metode Montessori.

4. SAHAJA = Sahabat Anak dan Remaja
    Divisi pembinaan dan pendidikan bagi anak dan remaja.

5. Literasi untuk anak, remaja dan dewasa.
    Divisi yang memfasilitasi pendidikan literasi pada anak, remaja dan dewasa.


Setiap divisi ini mempunyai program masing -masing . Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai program-program yang diadakan oleh Rumah Parenting, dapat datang langsung ke Rumah Parenting yang berlokasi di Perumahan Jatibening Estate, Jalan Jatayu Raya Blok F6 No. 21, Jatibening, Bekasi, telepon +62-21 8475222 atau menghubungi contact person: Ibu Wina +62 858-1080-8022, Ibu Lisna +62 812-9485-8500, dan Ibu Ira +62 838-7670-0590. Berbagai kegiatan Rumah Parenting dapat diikuti dari FB Rumah Parenting dan IG @rumahparenting. 

Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Kegiatan Rumah Parenting Menyambut Pekan ASI Internasional "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel